Sabtu, 24 April 2010

MODUL KEBUTUHAN MANUSIA

Standar Kompetensi
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi

KEGIATAN 1.1
A.Kompetensi dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Indikator-indikator:
•Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
•Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
B.Tujuan
Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan peserta didik mampu:
1.Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
2.Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

C.Materi
1.Pengertian kebutuhan
Kalau kita melihat, perhiasan, mobil mewah, rumah mewah,tentu salah satu atau bahkan semuanya menarik perhatian kita untuk memilikinya. Selanjutnya, kita tentu mengingat-ingat seberapa uang yang dimiliki untuk membeli barang-barang tersebut. Kemudian, kita menimbang-nimbang barang mana yang ingin dibeli dan barang mana yang harus dibeli. Hal inilah yang bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan menunjukkan semua keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan dan diikuti dengan kepemilikan daya beli. Sedangkan, keinginan tidak diikuti oleh daya beli.
Kebutuhan manusia akan barang dan jasa sangat tidak terbatas, sementara alat pemuas kebutuhan sangat terbatas. Oleh karena itu, manusia harus rasional dalam menentukan barang dan jasa apakah yang sangat diperlukan. Menurut Wicksteed, seorang konsumen sebaiknya membuat daftar urutan barang dan jasa sesuai proiritas. Daftar inilah yang yang disebut skala prioritas. Caranya dengan mencatat semua kebutuhan dan keinginan yang ingin dicapai menurut urutan tempat atau obyek yang paling dibutuhkan jika dibandingkan dengan obyek lainnya. (Naisbit, 1994)

2.Macam-macam Kebutuhan
Kebutuhan manusia sangat bermacam-macam dan beragam baik dari segi kuantitas maupun kualitas, oleh karena itu kebutuhan dikelompok-kelompokkan sebagai berikut.
a.kebutuhan menurut intensitas kebutuhannya/ tingkat kepentingannya, terbagi menjadi:
1)kebutuhan primer adalah kebutuhan ini mutlak harus dipenuhi agar kita tetap hidup, seperti kebutuhan akan makanan, minuman, pakaian dan tempat tinggal.
2) Kebutuhan Sekunder, adalah kebutuhan kedua yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer. Misalnya, kebutuhan akan pendidikan, televisi, meja, kursi, lemari.
3) Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang mewah (Lux) yang akan dipenuhi setelah kebuthan primer dan sekunder terpenuhi. Misalnya, mobil mewah, rumah yang mewah, perhiasan mewah/berlian.

b. Kebutuhan menurut sifatnya, terbagi menjadi:
1) Kebutuhan jasmani (materiil) diperlukan untuk memenuhi keperluan jasmani (raga) seseorang. Kebutuhan ini misalnya: makanan sehat, pakaian bersih, tempat berlindung, olahraga, dan lain-lain.
2) Kebutuhan rohani (spiritual) diperlukan untuk memenuhi keperluan rohani (jiwa atau pikiran) seseorang. Jika kebutuhan rohani dipenuhi maka seseorang akan mendapat kepuasan batin. Contoh kebutuhan rohani antara lain pendidikan, ibadah, dan rekreasi.

c. Kebutuhan menurut subjeknya, dibedakan menajdi:
1) Kebutuhan individu (perorangan) adalah kebutuhan yang diperlukan oleh masing-masing orang. Kebutuhan antara orang yang satu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya kebutuhan seorang anak berbeda dengan orang dewasa, kebutuhan nelayan berbeda dengan petani, dan kebutuhan pelajar berbeda dengan karyawan.
2) Kebutuhan Kelompok (kolektif) adalah kebutuhan yang diperlukan oleh sekelompok orang secara bersama-sama, misalnya masyarakat dalam satu desa atau kota. Kebutuhan kelompok yang berwujud misalnya jalan, jembatan, listrik, dan angkutan umum. Kebutuhan kelompok yang tidak berwujud misalnya keamanan, ketertiban, kebersihan umum, dan menang dalam pertandingan.

d. Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya, terbagi menjadi:
1) Kebutuhan Sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat ini dan harus didahulukan. Yang termasuk kebutuhan ini misalnya makan, minum, dan kesehatan.
2) Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Misalnya kebutuhan untuk memiliki rumah sendiri dan pendidikan anak. Pemenuhan kebutuhan masa depan biasanya dilakukan dengan menabung.
3) Kebutuhan yang tidak menentu atau tidak terduga. Kebutuhan ini terjadi tiba-tiba dan bersifat insidentil (kadang-kadang terjadi). Misalnya, kebutuhan berupa bantuan untuk saudara yang tertimpa musibah dan biaya pengurusan kecelakaan.
4) Kebutuhan Sepanjang Waktu. Kebutuhan ini memerlukan waktu yang lama dan boleh dikatakan sepanjang waktu. Kebutuhan ini misalnya kebutuhan menuntut ilmu atau belajar.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebutuhan
Kebutuhan setiap manusia itu berbeda-beda dan dapat berubah dari waktu ke waktu, maupun dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Hal-hal yang mempengaruhi perbedaan kebutuhan manusia adalah:
a. Lingkungan Alam
Kondisi lingkungan alam sangat mempengaruhi kebutuhan manusia yang tinggal di lingkungan tersebut. Manusia yang tinggal di daerah dingin akan membutuhkan pakaian yang lebih tebal dibandingkan dengan manusia yang tinggal di daerah tropis.
b. Peradaban
Semakin tinggi peradaban suatu masyarakat maka akan berpengaruh terhadap tingkat kebutuhannya, yang kecenderungannya semakin tinggi. Dahulu orang yang tinggal di daerah pedesaan tentu masih sangat asing dengan televisi, tapi sekarang hampir disetiap rumah mempunyai televisi.
c. Agama dan adat istiadat
Agama yang dianut oleh seseorang tentu akan berpengaruh pada tingkat kebutuhannya. Orang Islam mengharamkan daging babi untuk dimakan, sedangkan agama Hindu dilarang makan daging sapi. Demikian pula dengan perbedaan adat istiadat juga mempengaruhi perbedaan kebutuhan suatu masyarakat. Orang yang beragama Hindu akan mempunyai kebutuhan akan buah-buahan dan bunga sangat tinggi untuk keperluan upacara keagamaan.
d. Umur
Perbedaan umur manusia dapat menciptakan kebutuhan yang berbeda. Kebutuhan anak-anak balita berbeda dengan kebutuhan remaja, berbeda pula dengan kebutuhan orang dewasa dan berbeda pula dengan kebutuhan orang yang sudah renta.

D. Tugas 1.1
Identifikasikan macam-macam kebutuhan kamu masing-masing disesuiakan dengan jenisnya!

E. Rangkuman
 Kebutuhan menunjukkan semua keinginan manusia terhadap barang dan jasa yang dapat memberikan kepuasan dan diikuti dengan kepemilikan daya beli.
 Macam-macam Kebutuhan
a. kebutuhan menurut intensitas kebutuhannya/ tingkat kepentingannya
• kebutuhan primer
• Kebutuhan Sekunder
• Kebutuhan tersier
b. Kebutuhan menurut sifatnya
• Kebutuhan Jasmani
• Kebutuhan rohani
c. Kebutuhan menurut subjeknya
• Kebutuhan Individu (perorangan)
• Kebutuhan Sodial (Masyarakat)
d. Kebutuhan menurut waktu pemenuhannya
• Kebutuhan Sekarang
• Kebutuhan Masa Depan
• Kebutuhan yang tidak menentu atau tidak terduga.
• Kebutuhan Sepanjang Waktu.
 Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
a. Lingkungan alam
b. Peradaban
c. Agama dan adat istiadat
d. Umur

F. Uji Kompetensi 1.1
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1. Apakah yang dimaksud dengan kebutuhan?
2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan?
3. Jelaskan mengapa kebutuhan pokok manusia harus dipenuhi!
4. Sebutkan dan jelaskan kebutuhan menurut sifatnya!
5. Sebutkan dan jelaskan kebutuhan menurut waktu pemenuhannya!

G. DAFTAR PUSTAKA
1. Endang Mulyani (dkk). 2007. Pengetahuan Sosial Ekonomi 1 SMA/MA kelas X. Jakarta: PT Bumi Aksara.
2. Endro Sariono (dkk). 2007. Manusia dan Perilaku Ekonomi untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Ganeca Exact.
3. Hj. Sukwiaty, Dra. (dkk). 2006. Ekonomi SMA Kelas X. Bandung: Yudhistira
4. http://media.photobucket.com/image/PABRIK
5. Ismawanto. 2009. EKONOMI Jilid 1 untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
6. Moch. Ali B. Hafid. 2007. EKONOMI untuk SMA dan MA Kelas X. Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa.
7. M. Suparmoko. Dr. M. A. 2007. Ekonomi SMA kelas X. Jakarta: Yudhistira.
8. Nurcahyaningtyas. 2009. EKONOMI untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
9. Sri Nur Mulyati. 2009. Ekonomi 1 untuk SMA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
10. Sudirman Jalal . Drs. (dkk). 2000. Pelajaran Ekonomi untuk kelas 1 SMU. Jakarta: Yudhistira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar